Jumat, 04 Februari 2011

Joseph Stalin

Joseph Stalin Vissarionovich (18 Desember 1878  - 5 Maret 1953) menjabat sebagai Sekretaris Jenderal pertama dari Partai Komunis Uni Soviet 's Komite Pusat dari 1922 sampai kematiannya pada tahun 1953. Stalin berperan utama dalam politik Soviet setelah Vladimir Lenin kematian 'pada tahun 1924, dan berangsur-angsur terpinggirkan lawan-lawannya sampai ia telah menjadi pemimpin mutlak atas Uni Soviet .

Stalin meluncurkan ekonomi komando , menggantikan Kebijakan Ekonomi Baru tahun 1920-an dengan Rencana Lima Tahun dan meluncurkan periode cepat industrialisasi dan kolektivisasi ekonomi . Pergolakan di sektor pertanian terganggu produksi pangan, mengakibatkan kelaparan luas , termasuk bencana kelaparan Soviet 1932-1933 (dikenal di Ukraina sebagai Holodomor ).

 Selama akhir 1930-an, Stalin meluncurkan Pembersihan Besar (juga dikenal sebagai "Teror Besar"), sebuah kampanye untuk membersihkan Partai Komunis dari orang yang dituduh sabotase, terorisme, atau pengkhianatan, ia diperluas ke militer lain sektor dan Soviet masyarakat. Dalam prakteknya, pembersihan yang sembarangan. Target sering dieksekusi, dipenjara di kamp kerja paksa Gulag atau diasingkan. Pada tahun-tahun yang diikuti, jutaan anggota etnis minoritas juga dideportasi .

 
Pada tahun 1939 Stalin menandatangani pakta non-agresi dengan Nazi Jerman , diikuti oleh invasi Soviet Polandia , Finlandia , yang Baltik , Bessarabia dan utara Bukovina . Setelah Jerman melanggar perjanjian dengan menyerang Uni Soviet pada tahun 1941, Uni Soviet bergabung dengan Sekutu untuk memainkan peran penting dalam kekalahan Axis , pada biaya angka kematian terbesar untuk setiap negara dalam perang (sebagian besar disebabkan oleh kematian massal penduduk sipil di wilayah yang diduduki oleh Jerman). Setelah perang, Stalin diinstal pemerintah komunis tunduk di kebanyakan negara di Eropa Timur, membentuk blok Timur , di balik apa yang disebut sebagai " Tirai Besi "dari pemerintahan Soviet selama Perang Dingin . Teman-pemerintah Stalin juga merupakan kekuatan pendorong dalam penghapusan pembunuhan politik dari Konvensi Genosida 1948 .

pandangan modern Stalin di Federasi Rusia tetap dicampur, dengan beberapa melihat dia sebagai seorang tiran. sementara yang lain menganggap dia seorang pemimpin yang mampu. Setelah kematiannya, Stalin dan rezim-nya memiliki keduanya telah dipertanyakan dan mencela pada berbagai kesempatan. Pada tahun 1956,'s pengganti Stalin, Nikita Khrushchev , mencela warisannya dan melaju proses de-Stalinisasi Uni Soviet. Pada bulan November 2010, Rusia Negara Duma menyetujui pernyataan menyalahkan Stalin, antara pejabat lainnya, karena secara pribadi memerintahkan yang Katyn pembantaian .


Kehidupan awal

Stalin muda (16) sekitar tahun 1894

Stalin lahir Ioseb Besarionis dze Jughashvili ( Georgia : იოსებ ბესარიონის ძე ჯუღაშვილი) pada tanggal 18 Desember 1878, putra dari Ketevan Geladze dan Besarion Jughashvili , tukang sepatu, dalam kota Gori , Georgia . Pada usia tujuh tahun, ia dikontrak cacar , yang permanen bekas luka wajahnya. Pada pukul sepuluh, ia mulai bersekolah gereja dimana anak-anak Georgia terpaksa berbahasa Rusia. Pada usia dua belas tahun, kecelakaan kereta yang ditarik dua kuda kiri lengan kirinya rusak secara permanen. Pada enam belas, ia menerima beasiswa ke Ortodoks Georgia seminari , di mana ia memberontak melawan imperialis dan ketertiban agama. Meskipun ia tampil baik di sana, ia dikeluarkan pada tahun 1899 setelah absen ujian akhir. seminari's catatan menyarankan ia tidak mampu untuk membayar biaya pendidikan itu. Soviet versi resmi menyatakan bahwa ia dikeluarkan untuk membaca literatur ilegal dan membentuk lingkaran studi Sosial Demokrat.
Kartu informasi mengenai "IV Stalin", dari file-file dari polisi rahasia Tsar di Saint Petersburg, 1911

Tak lama setelah meninggalkan seminari itu, Stalin menemukan tulisan-tulisan Vladimir Lenin dan memutuskan untuk menjadi seorang revolusioner Marxis, Lenin akhirnya bergabung dengan Bolshevik pada tahun 1903. Setelah ditandai dengan Okhranka (polisi rahasia Tsar) untuk aktivitasnya, ia menjadi full-time revolusioner dan penjahat. Ia menjadi salah satu Bolshevik koperasi kepala di Kaukasus , pengorganisasian paramiliter, menghasut pemogokan, menyebarkan propaganda dan meningkatkan uang melalui perampokan bank, tebusan penculikan dan pemerasan.

Pada musim panas tahun 1906, Stalin menikahi Ekaterina Svanidze , yang kemudian melahirkan anak pertama Stalin, Yakov . Stalin sementara mengundurkan diri dari partai atas larangan perampokan bank dan link kepada Tiflis perampokan bank 1907 , sebuah serangan besar di sebuah pengiriman bank di ramai Square Yeveran yang mengakibatkan kematian 40 orang dan melukai 50 orang. dan kemudian melarikan diri ke Baku , di mana Ekaterina meninggal karena tifus. Di Baku, Stalin terorganisir Muslim Azerbaijan dan Persia dalam kegiatan partisan, termasuk pembunuhan banyak " Ratusan Hitam "pendukung sayap kanan Tsar, dan melakukan raket perlindungan, tebusan penculikan, pemalsuan operasi dan perampokan.
 
Stalin ditangkap dan dikirim ke Siberia tujuh kali, tetapi melarikan diri sebagian besar orang buangan. Setelah dibebaskan dari satu pengasingan tersebut, pada bulan April 1912 di Saint Petersburg , Stalin menciptakan koran Pravda dari koran partai yang ada. Dia akhirnya mengadopsi nama "Stalin", dari kata Rusia untuk baja, yang digunakan sebagai alias dan nama pena dalam karya-karyanya dipublikasikan.
Selama pengasingan terakhirnya, Stalin diwajibkan oleh tentara Rusia untuk bertarung di Perang Dunia I, tetapi dianggap tidak layak untuk pelayanan karena lengan kirinya rusak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.