Rabu, 08 Juli 2015

Berbagai Tank dari Kekaisaran Rusia, Uni Soviet, dan Federasi Rusia

Kali ini saya ingin memberikan informasi tentang berbagai tank  Rusia secara singkat. Dari dulu Rusia memang terkenal dengan kekuatan tank-nya, misalnya T-34, ISU-152, SU-100, IS-2 dll, nah sekarang saya ingin memperkenalkan tank Rusia dari zaman Kekaisaran Rusia, Uni Soviet dan sampai Federasi Rusia.

1. Tsar Tank


Tsar tank (Netopyr') adalah sebuah kendaraan lapis baja Kekaisaran Rusia yang dikembangkan oleh Nikolai Lebedenko, Nikolai Zhukovsky, Boris Stechkin, dan Aleksander Mikulin dari tahun 1914. Tapi proyek ini kemudian dibatalkan karena dianggap kurang bertenaga dan rentan terhadap tembakan artileri. 

Tank ini berbeda dari tank modern yang menggunakan roda berrantai melainkan menggunakan desain sepeda roda tiga dengan roda depan yang tingginya hampir  9 meter dan roda belakang yang tingginya hanya 1,5 meter. Kubah meriam berada pada ketinggian 8 meter dan setiap roda didukung oleh tenaga sebesar 250 hp.


2. T-34


T-34 adalah tank medium buatan Uni Soviet yang diproduksi dari tahun 1940 sampai 1958. Tank ini sering digambarkan sebagai desain yang paling efektif, efisien, dan berpengaruh pada PD II. Pertama kali diproduksi di pabrik KhPZ di Kharkiv, Ukraina yang saat itu merupakan andalan pasukan lapis baja Soviet selama PD II dan banyak diekspor sesudah perang. T-34 adalah tank yang paling banyak diproduksi pada masa perang dan menempati posisi kedua tank terbanyak diproduksi sepanjang masa (setelahT54/55) dengan jumlah produksi sebanyak 84.070 unit . Pada tahun 1996 tank ini masih dalam pelayanan setidaknya di 27 negara. Tank ini juga yang paling sering muncul di game bertema PD II. 

3. SU-85


SU-85 adalah tank perusak Uni Soviet yang digunakan selama PD II dengan menggunakan sasis T-34. SU-85 dinamai berdasarkan bahasa Rusia SU yang merupakan singkatan dari  Samokhodnaya Ustanovka  sementara 85 merupakan ukuran kaliber yang digunakan. SU-85 memasuki kancah pertempuran pada bulan Agustus 1943. Tank ini sangat aktif digunakan oleh pasukan Uni Soviet, Cekoslovakia, dan Polandia di front timur hingga akhir perang.

4. SU-100


SU-100 adalah  tank perusak Uni Soviet  yang digunakan secara luas pada akhir Perang Dunia II (PD II). Tank ini dirancang dan dibangun di UZTM, Yekaterinburg. Dimulai pada bulan Februari 1944 dengan prototipe pertama yang disebut "Obyek 138. Pada bulan juli 1945, Uni Soviet setidaknya sudah membangun 2.335 SU-100.Banyak negara yang menggunakan SU-100 seperti Yugoslavia, Mesir, Cekoslovakia, Cina, Angola Kuba, Republik Demokratik Rakyat Korea, dll.

5. IS-2


IS-2 pertama kali digunakan pada bulan April 1944 dan digunakan sebagai ujung tombak dalam Pertempuran Berlin oleh Tentara Merah. Ada berbagai model IS-2, yaitu IS-2 model 1943, IS-2 model 1944, dan IS-2M

6. ISU-152


ISU-152 adalah kendaraan multiperan Uni Soviet yang sebenarnya adalah senjata gerak sendiri yang mampu untuk menjadi tank perusak berat. Tank ini dikembangkan dan digunakan dalam PD II hingga 1970. Jumlah ISU-152 yang dibuat adalah 4.635 unit dan dioperasikan di berbagai negara, antara lain Uni Soviet, Polandia, Finlandia, Cina, Cekoslovakia, Republik Demokratik Rakyat Korea, Mesir, Irak, dan Yugoslavia.

7. KV-2


KV-2 adalah tank berat yang mempunyai senjata utama meriam 152mm. Karena ukurannya yang besar, maka tank ini menjadi cukup lambat.

8. T-54/55


Produksi massal T-54 dimulai pada tahun 1947 dan menjadi tulang punggung Angkatan Bersenjata (AB) Soviet, AB negara anggota Pakta Warsawa, dll. T-54/55 sering muncul di berbagai konflik militer mulai dari konflik di Libya, Suriah, hingga Bosnia. Tank ini juga merupakan tank paling banyak diproduksi di dunia dengan jumlah antara 86.000-100.000+

 9. T-72


Tank yang diproduksi pertama kali pada tahun 1971 ini telah menjadi bagian dari beberapa AB negara-negaradi dunia. Tank ini juga telah ikut serta dalam berbagai konflik militer seperti di Irak, Yugoslavia, Abkhazia dan berbagai konflik lainnya.

10. T-80


T-80 adalah MBT generasi ketiga yang diproduksi oleh Uni Soviet. Tank ini memulai dinas aktif pada tahun 1976. T-80 dan berbagai variannya berdinas di AB Rusia, Belarusia, Ukraina, Kazakhstan dan berbagai negara lainnya. Tank ini juga muncul di game Rise Of Nations

11. T-90


T-90 adalah modernisasi dari T-72B dengan menggabungkan T80U. T-90 menggunakan meriam 125mm sebagai senjata utamanya. Tank ini mulai diproduksi pada tahun 1991 dan telah digunakan oleh berbagai AB di dunia.

12. Armata T-14


Militer Rusia memamerkan tank terbaru mereka, Armata T-14, dalam latihan Parade Hari Kemenangan pada Rabu (5/5). Sebelumnya awal tahun ini, Rusia telah mengumumkan produksi puluhan tank Armata namun belum menunjukkan penampakannya. Dilaporkan sudah 20 unit tank ini yang diproduksi dan akan dilakukan pelatihan penggunaannya.

Menurut situs RT.com, Armata adalah kendaraan tempur canggih yang dilengkapi meriam smoothbore yang merupakan "senjata paling kuat di jenisnya dalam hal kekuatan moncong meriam."

Kubah tank juga dilengkapi senapan sub-kaliber 30 mm untuk menembak berbagai sasaran, termasuk target yang terbang rendah seperti pesawat atau helikopter.


Senapan mesin 12.5 mm pada kubah disebut mampu menghadang senjata musuh, seperti rudal anti-tank. Senjata ini mampu menahan serangan dari rudal yang melesat hingga kecepatan 3.000 meter per detik.

Tank ini terkomputerisasi penuh sehingga hanya perlu dua awak untuk mengendalikannya. Kedua awak ini terlindung dengan sempurna di kapsul berlapis yang terpisah dari tempat amunisi. Setiap awak mampu menembakkan sistem senjata tank. Tenaga tank ini berasal dari mesin diesel berkekuatan 1.200 HP. Dalam cetak birunya, Armata berpotensi dikembangkan menjadi kendaraan tempur robotik.

Armata akan digunakan sebagai kendaraan tempur infanteri, mendukung kendaraan pembawa pasukan dan artileri.

Perhitungan awal, Rusia akan membuat sekitar 2.300 unit tank untuk memperkuat militer mereka. Rencananya, puluhan kendaraan baja ini akan mulai dioperasikan pada tahun ini.

Tank teranyar Rusia ini ambil bagian dalam Parade Hari Kemenangan di Moskow pada 9 Mei lalu, memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II di Eropa sekaligus kemenangan Uni Soviet dari Nazi Jerman. Total ada 194 kendaraan perang yang akan diturunkan, mulai dari tank tua hingga persenjataan modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.