Rabu, 03 Juni 2015

Mengenal Garis Maginot, Penyebab Kekalahan Perancis di Perang Dunia II






Garis Maginot Perancis

Garis Maginot (Maginot Line) adalah serangkaian benteng pertahanan yang dibangun oleh Perancis setelah Perang Dunia I untuk menjaga wilayahnya dari invasi Jerman atau Italia. Strategi ini dianggap sebagai salah satu kesalahan militer terbesar sepanjang masa karena ternyata mudah dilewati oleh Jerman yang menaklukkan Perancis pada tahun 1942.

Garis Maginot terdiri dari pos-pos meriam, penghalang, dan benteng termasuk penempatan divisi lapis baja. Titik terlemah Garis Maginot ada di perbatasan antara Perancis dan Belgia. Belgia dan Perancis bersekutu sebelum Perang Dunia II, namun Belgia menyatakan netralitas pada tahun 1936. Hal ini mengakibatkan Perancis harus membenahi garis pertahanannya di Belgia. Sayangnya, garis ini tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi serangan Jerman.



Pada saat itu, Jerman menempatkan tentara boneka di luar bagian terkuat Garis Maginot dan kemudian menggunakan pasukan darat untuk menyerang melalui Belgia. Setelah mampu menerobos, Jerman lantas memotong sisa Garis Maginot dari dalam wilayah Perancis, sehingga memotong akses Perancis pada tentaranya sendiri.

Hal ini memaksa Perancis menandatangani gencatan senjata dan memungkinkan pendudukan Jerman pada Perang Dunia II. Tentara Jerman lantas juga menggunakan Garis Maginot yang sekali lagi tidak bisa berbuat banyak menahan serangan sekutu dalam upaya membebaskan Perancis.

Alih-alih menghadapinya secara langsung, pasukan sekutu memilih mengitari garis sehingga tidak perlu bentrok dengan kekuatan Jerman yang menjaga Maginot. Baik Perancis maupun Jerman terlalu memandang penting Garis Maginot. Banyak sejarawan militer yakin bahwa ketergantungan Perancis garis pertahanan ini menjadi kunci kejatuhannya.

Karena sebagian besar kekuatan militer terkonsentrasi di Garis Maginot, Perancis nyaris tak bisa mempertahankan diri dari penyerbu di dalam wilayahnya sendiri. Awalnya, garis ini sekedar dimaksudkan sebagai salah satu sarana pertahanan, tapi dengan cepat memberikan Perancis dengan perasaan aman semu.

Perlu dicatat bahwa Maginot cukup berhasil pada titik-titik terkuat. Garis pertahanan ini mampu membendung pasukan Italia dari menyerang Perancis, dan memaksa Jerman untuk menyerang melalui Belgia. Namun, berhadapan dengan strategi dan peralatan tempur baru di era PD II, pertahanan statis semacam itu menjadi tidak banyak berfungsi.

Terbukti, Jerman berhasil menerobos Garis Maginot dengan relatif mudah menggunakan divisi lapis baja yang bergerak cepat sekaligus memberi efek pukulan mematikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.